Cara Mengatasi Mimpi Buruk

Cara Mengatasi Mimpi Buruk – Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Tidak hanya untuk anak kecil, mimpi buruk juga bisa terjadi pada orang dewasa di setiap usia. Bahkan, satu dari setiap dua orang dewasa dapat memiliki mimpi buruk. Mimpi buruk mungkin tidak menjadi masalah jika Anda langsung bisa melupakannya. Namun, bagaimana jika mimpi buruk menghantui hari-hari Anda? Ini tentu sangat mengganggu. Lalu, bagaimana cara mengatasi mimpi buruk?

Apa yang menyebabkan mimpi buruk?

Sebelum Anda mengerti bagaimana cara mengatasi mimpi buruk, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu mimpi buruk dan penyebabnya. Jika Anda sudah mengetahui penyebabnya, akan lebih mudah untuk Anda mengatasi mimpi buruk.

Mimpi buruk bisa membuat Anda terbangun dari tidur nyenyak Anda. Pada saat ini, mungkin Anda merasakan jantung Anda berdebar dan perasaan takut. Biasanya mimpi buruk terjadi selama tahap tidur Rapid Eye Movement (REM), di mana sebagian besar mimpi terjadi.

Mimpi buruk biasanya terjadi secara spontan. Anda tidak bisa memilih akan mimpi apa malam ini. Penyebab dari mimpi buruk bisa dari berbagai faktor dan gangguan.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan mimpi buruk adalah:

Makan sebelum tidur, ini dapat meningkatkan metabolisme dan sinyal otak lebih aktif sehingga Anda bisa mengalami mimpi buruk.

Beberapa obat-obatan, seperti obat yang memengaruhi otak atau obat nonpsikologis juga sering dikaitkan dengan mimpi buruk.

Kurang tidur juga dapat menyebabkan Anda mengalami mimpi buruk. Masalah tidur juga dapat menyebabkan mimpi buruk, seperti sleep apnea dan sindrom kaki gelisah (restless legs syndrome).

Masalah psikologis, seperti kecemasan dan depresi, dapat menyebabkan mimpi buruk. Post-traumatic stress disorder (PTSD) juga bisa menyebabkan Anda mengalami mimpi buruk yang berulang.

Bagaimana cara mengatasi mimpi buruk?

Saat Anda terbangun karena mimpi buruk, mungkin Anda merasa takut dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Rasa takut dan panik saat terbangun justru dapat membuat perasaan Anda lebih buruk. Anda mungkin perlu melakukan hal-hal berikut ini saat terbangun karena mimpi buruk:

Tenangkan diri Anda terlebih dahulu, ambil napas dalam-dalam secara perlahan
Menyadari dan memahami bahwa itu hanya mimpi. Anda mungkin perlu berbicara dengan diri Anda bahwa yang Anda lihat barusan hanyalah mimpi. Sekarang, Anda sedang di dunia nyata dan sedang tidur. Menyentuh dan melihat hal-hal di sekitar mungkin membantu.

Yakinkan juga diri Anda bahwa sekarang Anda dalam kondisi aman. Anda bisa menyalakan lampu dan memeriksa kunci rumah atau berjalan melihat situasi rumah Anda. Cobalah untuk melihat dan menenangkan otot-otot Anda. Otot yang menegang merupakan respon tubuh alami terhadap hal buruk yang terjadi dalam mimpi. Minum air mungkin membantu Anda untuk tenang.

Jika Anda tidak bisa tertidur setelah mimpi buruk, Anda bisa melakukan hal lain yang membuat Anda lupa terhadap mimpi tersebut. Lakukan aktivitas kegemaran Anda yang bisa menenangkan Anda, seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau menonton televisi. Setelah Anda tenang, cobalah untuk tidur lagi. Anda masih memerlukan waktu untuk beristirahat.

Jika mimpi buruk yang terjadi semalam masih terus membayangi Anda sampai mengganggu kehidupan Anda, mungkin beberapa langkah ini bisa Anda lakukan.

Persiapkan diri Anda untuk tidur. Sebelum Anda tidur, mungkin Anda mempunyai hal-hal khusus yang harus Anda lakukan agar tidur Anda damai. Misalnya saja, Anda harus membersihkan diri Anda, membaca doa, membaca buku, dan lain sebagainya. Setelah itu, tenangkan diri Anda, ambil napas dalam-dalam secara perlahan, kemudian tertidurlah.

Mencari tahu penyebab mimpi buruk. Mimpi buruk bisa terjadi karena ada pemicunya. Mungkin ada sesuatu hal yang terjadi dalam hidup Anda yang dapat memicu mimpi buruk. Coba pikirkan.Tulis mimpi Anda. Tulislah mimpi buruk yang selama ini menghantui Anda sedetil mungkin. Namun, Anda perlu untuk mengubah akhir cerita dari mimpi buruk tersebut sesuai keinginan Anda, tentunya yang menyenangkan Anda.

Ingatlah cerita mimpi Anda tersebut, dan baca cerita tersebut setiap malam sebelum Anda tidur. Jika cara ini membantu Anda untuk mengatasi mimpi buruk Anda, Anda dapat meneruskan cara ini untuk mengatasi mimpi buruk Anda lainnya. Mungkin Anda perlu untuk menuliskan setiap mimpi buruk Anda dalam buku harian. Namun, jika Anda takut untuk mengingat-ingat lagi mimpi buruk Anda, mungkin cara ini tidak cocok untuk Anda. Anda bisa memilih cara lainnya.

Ceritakan mimpi Anda dengan orang lain yang Anda percaya. Hal ini mungkin dapat mengurangi rasa takut Anda.
Jika cara-cara tersebut belum memuaskan Anda, mungkin Anda perlu berbicara dengan dokter Anda.

semoga bermanfaat…